Wednesday, January 17, 2007

Rapat Koordinasi Persiapan NISM III

BRR Perwakilan Nias melaksanakan Coordination Meeting, Kamis (18/01) di Kantor BRR Perwakilan Nias, Fodo Gunungsitoli. Rapat yang dipimpin oleh Kepala Perwakilan Nias William P. Sabandar ini dihadiri oleh pimpinan beberapa lembaga internasional dan nasional yang terlibat dalam kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi Nias.

Agenda utama pertemuan ini adalah persiapan pelaksanaan NISM III, up-date RAN Database, masalah-masalah logistik serta security issues.

William menerangkan bahwa Nias Island Stakeholder Meeting (NISM) yang ke-3 menurut rencana diadakan pada 6 Maret 2006 di Jakarta. Kegiatan ini sekaligus diadakan sebagai bagian dari peringatan 2 tahun.

Menurut William, NISM III ini diharapkan menjadi forum bagi semua lembaga untuk merefleksikan dan berbagi pengalaman bekerja di Nias dan mengembangkan tujuan yang lebih baik pada masa datang.

Selain itu, pertemuan ini diharapkan menghasilkan sesuatu yang lebih dari biasanya, yaitu bukan hanya untuk meningkatkan komitmen semua stakeholders tetapi juga menjadi pelajaran dan penerapan model penanganan pasca bencana di daerah lain di Indonesia. "Pertanyaannya adalah, dapatkah Nias menjadi suatu model pembangunan kembali daerah pasca bencana?", demikian tutur William.

Sesuai 4 pilar strategi rekonstruksi Nias, maka NISM III juga akan membahas 4 topik utama yaitu:
1. Perumahan dan Pemukiman (pembanunan 15.000 rumah dan rehab 30.000-45.000 rumah; program air, sanitasi dan lingkungan)
2. Ifrastruktur (Transportasi, energy dan telekomunikasi, irigasi, penanganan pantai dan sungai)
3. Pengembangan Ekonomi (Pengembangan kapasitas ekonomi serta pengurangan kemiskinan)
4. Pembangunan Institusi dan Sumber Daya Manusia (Pendidikan, Kesehatan, Sosial dan Budaya, kapasitas pemerintah daerah)

Melengkapi data RAN Databas
Berkaitan dengan NISM III maka diharapkan agar semua lembaga yang terlibat dalam Rehab Rekon Nias dapat melengkapi data-data mereka ke dalam sistem RAN Database. Untuk itu diarapkan berbagai lembaga dapat menghubungi Sdri MARSAULINA TAMBUN dari BRR Nias.

Photo Exhibition
Terkait kegiatan NISM III maka akan diadakan juga kegiatan pameran foto. Untuk itu diharapkan semua lembaga dapat menyiapkan foto-foto kegiatan mereka untuk dapat dipamerkan. Kegiatan ini dikoordinasikan oleh Emanuel Migo dari BRR Nias

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home